Launching Balis Infara (Inspeksi Fasilitas Radiasi)

dipublish pada 21 Apr 2017 00:00 WIB

Pada tanggal 20 April 2017, Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) telah meluncurkan aplikasi khusus untuk mengawasi pemanfaatan sumber radiasi pengion di fasilitas radiasi dan zat radioaktif (FRZR) berbasis online. Aplikasi ini diberi nama BAPETEN Licensing and Inspection System Online 2.0 - Inspeksi Fasilitas Radiasi dan Zat Radioaktif (B@LIS - INFARA)

Aplikasi B@LIS - INFARA bekerja secara Realtime Online Berbasis Web dalam Jaringan Internet yang dibangun dengan menggunakan perangkat lunak open source untuk memfasilitasi keterlibatan publik terhadap proses pengawasan melalui inspeksi yang terintegrasi dengan Sistem Perizinan FRZR, dan Sistem Evaluasi Dosis Pekerja Radiasi.

Aplikasi B@LIS - INFARA juga berfungsi sebagai media pelaporan kondisi keselamatan, keamanan Fasilitas terkait keberadaan sumber radiasi pengion meliputi : perpindahan Sumber Radiasi, Informasi terkini Sumber Radiasi, Informasi Pekerja Radiasi, dan status keselamatan dan keamanan sumber radiasi pengion.

Aplikasi B@lis InFara 2.0 sangat membantu pelaksanaan pengawasan penggunaan sumber radiasi pengion di bidang medis, industri, dan penelitian. B@lis Infara memberikan solusi bagi BAPETEN untuk mengelola perencanaan inspeksi, hasil inspeksi, tindak lanjut hasil inspeksi, dan menilai Indeks Keselamatan dan Keamanan (IKK) fasilitas serta menampilkan informasi hasil inspeksi yang sangat berguna bagi managemen BAPETEN untuk menilai dan mengambil keputusan.

Dalam pelaksanaan inspeksi, Inspektur BAPETEN membuat laporan inspeksi dan memberikan penilaian secara online berdasarkan sistem penilaian IKK yang sudah ada pada aplikasi B@lis Infara. Hasil penilaian akhir terhadap fasilitas diberikan berdasarkan total nilai IKK yang terdiri dari tiga kategori yaitu Baik sekali-Baik (hijau), Cukup (kuning) dan Kurang (merah).

Selain membantu pekerjaan inspektur dan managemen BAPETEN, aplikasi B@lis Infara sangat berguna bagi fasilitas pemanfaat sumber radiasi untuk mengetahui jadwal inspeksi rutin, menguunggah Laporan Keamanan Fasilitas (LKF), mengetahui nilai IKK dan Laporan Hasil Inspeksi (LHI) secara realtime dan mengunggah dokumen tindak lanjut temuan inspeksi.

Badan Pengawas Tenaga Nuklir

Jl. Gajah Mada no. 8, Jakarta Pusat 10120 DKI Jakarta
Telp/Fax: (021) 6385 8269-70 ext. 2129, 2147 atau 2154; Email: info@bapeten.go.id