Tentang BaLIS Perizinan

dipublish pada 26 Oct 2017 00:00 WIB

Menjawab tantangan dan tuntutan dalam meningkatkan efisiensi, efektifitas, dan transparansi bisnis proses serta mekanisme kerja dalam sistem manajemen pemerintahan sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 81 tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025 menuju pemerintahan yang baik (Good Governance), Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) meluncurkan Aplikasi BAPETEN Licensing dan Inspection System Online (Balis Online).

Aplikasi Balis Online adalah Sistem informasi pengawasan pemanfaatan tenaga nuklir yang bekerja secara realtime online berbasis web dalam jaringan internet yang dibangun dengan perangkat lunak Open Source untuk memfasilitasi layanan publik dalam proses perizinan fasilitas radiasi dan zat radioaktif (FRZR), persetujuan/ketetapan, dan perizinan petugas fasilitas radiasi.

Aplikasi Balis Online merupakan integrasi dari proses perizinan FRZR, Inspeksi FRZR, Sertifikasi Uji Kesesuaian pesawat sinar-X, dan data dosis Pekerja Radiasi. Selain itu aplikasi ini juga terhubung secara real time online dengan portal Indonesia Nasional Single Window (INSW) Bea Cukai dan Sistem Pembayaran PNBP Online (SIMPONI) Ditjen Anggaran - Kementerian Keuangan RI.


Badan Pengawas Tenaga Nuklir

Jl. Gajah Mada no. 8, Jakarta Pusat 10120 DKI Jakarta
Telp/Fax: (021) 6385 8269-70 ext. 2129, 2147 atau 2154; Email: info@bapeten.go.id