Persyaratan Teknis Permohonan Izin Bidang Kesehatan, Penelitian dan Industri

dipublish pada 03 Jan 2022 00:00 WIB

1.     Data lokasi Pemanfaatan Sumber Radiasi Pengion; 

2.     Dokumen rencana teknis fasilitas bangunan penahan radiasi;

3.     Dokumen bangunan utilitas operasi pemanfaatan Sumber Radiasi Pengion;

4.     Dokumen kajian keselamatan radiasi dan keamanan dalam pengangkutan Zat Radioaktif; 

5.     Data kompetensi dan kewenangan petugas yang meliputi: 

a.     Petugas Proteksi Radiasi; 

b.     Petugas Keamanan Zat Radioaktif; dan/atau 

c.      petugas lainnya yang menangani Sumber Radiasi Pengion; 

6.     Dokumen kesesuaian mutu Sumber Radiasi Pengion; 

7.     Dokumen program proteksi dan keselamatan radiasi dan/atau dokumen program keamanan Zat Radioaktif; dan/atau

8.     Dokumen bukti kepemilikan dan/atau penguasaan Sumber Radiasi Pengion.

 

Penjelasan:

Data lokasi Pemanfaatan sumber radiasi pengion adalah tempat sumber radiasi pengion dioperasikan atau digunakan, dan tidak sama dengan domisili badan hukum atau badan usaha. 

Dokumen rencana teknis fasilitas bangunan penahan radiasi adalah dokumen yang mencakup gambar rencana struktur dari dinding ruang penahan radiasi, perhitungan tebal dinding, densitas, dan material. Dokumen ini diperuntukan bagi Pelaku Usaha yang memliki tempat penyimpanan zat radioaktif sendiri. Dalam hal tidak memiliki tempat penyimpanan zat radioaktif sendiri, Pelaku Usaha wajib menempatkan zat radioaktif di Pelaku Usaha bidang penyimpanan zat radioaktif.

Dokumen bangunan utilitas operasi Pemanfaatan sumber radiasi pengion adalah dokumen denah terkait pengoperasian peralatan, misal tempat menyimpan peralatan terkait keselamatan radiasi.

Dokumen kajian keselamatan radiasi dan/atau keamanan zat radioaktif antara lain memuat: sifat dan besarnya paparan potensial; batasan dan kondisi teknis untuk pengoperasian sumber radiasi; kemungkinan terjadinya kegagalan struktur, sistem, komponen, dan/atau kesalahan prosedur yang terkait dengan proteksi dan keselamatan, serta dampak yang ditimbulkan jika kegagalan terjadi; dan/atau penilaian tingkat ancaman (penentuan potensi ancaman; analisis terhadap kerentanan (vulnerability assessment) Sumber Radioaktif); penilaian unjuk kerja (organisasi Keamanan Sumber Radioaktif, prosedur operasional Keamanan Sumber Radioaktif; dan peralatan Keamanan Sumber Radioaktif). 

Data kompetensi untuk Petugas Proteksi Radiasi yang dimaksud adalah personel yang telah memiliki surat izin bekerja dari Kepala Bapeten dan merupakan personel utama yang memiliki tanggung jawab mengawasi penerapan persyaratan keselamatan radiasi di fasilitas atau instalasi. Data kompetensi untuk petugas keamanan zat radioaktif yang dimaksud adalah pelatihan sebagai petugas keamanan zat radioaktif yang dibuktikan dengan sertifikat pelatihan. Untuk petugas lainnya yang menangani Sumber Radiasi Pengion sesuai dengan pemanfaatan sumber radiasi.

Dokumen kesesuaian mutu sumber radiasi pengion antara lain memuat: dokumen sertifikat sumber radioaktif termasuk tabel peluruhan (decay chart); sertifikat zat radioaktif bentuk khusus; dan foto label data zat radioaktif untuk zat radioaktif; spesifikasi teknis pembangkit radiasi pengion; sertifikat mutu pembangkit radiasi pengion; foto label pembangkit radiasi pengion untuk pembangkit radiasi pengion.

Dokumen program proteksi dan keselamatan radiasi adalah dokumen rencana tindak yang disusun secara sistematik untuk memenuhi persyaratan keselamatan radiasi antara lain memuat: manajemen penyelenggara keselamatan radiasi; data personel yang bekerja di fasilitas; program pendidikan dan pelatihan mengenai proteksi dan keselamatan radiasi; daftar perlengkapan proteksi radiasi dan sertifikat kalibrasi alat ukur radiasi; penetapan pembagian daerah kerja; pemantauan paparan radiasi dan/atau kontaminasi radioaktif di daerah kerja; pemantauan kesehatan; pemantauan dosis yang diterima pekerja radiasi; program kedaruratan radiasi;  penetapan pembatas dosis; dan Prosedur operasi 

Dokumen program Keamanan Sumber Radioaktif antara lain berisi: deskripsi Sumber Radioaktif, desain dan denah fasilitas, data peralatan Keamanan Sumber Radioaktif, dan lingkungan sekitarnya; organisasi Keamanan Sumber Radioaktif; prosedur operasional Keamanan Sumber Radioaktif; pelatihan; dan Inventarisasi dan rekaman hasil Inventarisasi; prosedur penanggulangan keadaan darurat Keamanan Sumber Radioaktif; serta pelaporan.

Dokumen bukti kepemilikan dan/atau penguasaan Sumber Radiasi Pengion antara lain dokumen pembelian, surat perjanjian hibah, dan berita acara serah terima barang, perjanjian sewa menyewa. 

 

Landasan Hukum:

1.     Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko.

2.     Peraturan Badan Pengawas Tenaga Nuklir No 3 tahun 2021 Tentang Standar Kegiatan Usaha Dan Standar Produk Pada Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko

Badan Pengawas Tenaga Nuklir

Jl. Gajah Mada no. 8, Jakarta Pusat 10120 DKI Jakarta
Telp/Fax: (021) 6385 8269-70 Ext: 3316, 3320;
Email: dpfrzr@bapeten.go.id