Muncul laman tentang Syarat dan Kondisi Registrasi
Baca dengan cermat dan seksama tentang Syarat dan Kondisi Registrasi. Jika setuju dengan isi syarat dan kondisi, klik kotak bertuliskan “Saya Setuju” pada bagian bawah laman Syarat dan Kondisi Registrasi.
Muncul laman Registrasi, terdiri atas 3 (tiga) bagian, yaitu :
Langkah 1 adalah Formulir tentang Data Pribadi Informasi Pemohon Akun,
Langkah 2 adalah Formulir tentang Informasi Perusahaan,
Langkah 3 adalah Formulir tentang Bukti Penunjukan Pimpinan Perusahaan (Surat Kuasa)..Format Surat klik disini.
Langkah 4 adalah Konfirmasi atau review dari data yang telah diinput apabila akan dilakukan perbaikan sebelum dikirim ke BAPETEN
Pada Formulir Informasi Pemohon
Tuliskan nama lengkap Pemohon pada isian Nama Lengkap
Tuliskan alamat e-mail Pemohon pada isian e-mail (alamat e-mail ini akan digunakan sebagai jalur komunikasi informasi antara Bapeten dengan Pemohon)
Tuliskan nomor telpon seluler (handphone) Pemohon, disertai dengan kode negara, pada isian No. Hp
Tuliskan alamat lengkap Pemohon yang digunakan untuk surat menyurat pada isian alamat
Tuliskan nomor telpon lainnya, selain nomor telpon seluler pada isian Telp.
Tuliskan nomor identitas berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk WNI atau Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS) untuk WNA, pada isian No. KTP/KITAS
Tuliskan masa berlaku bukti identitas diri Pemohon pada isian Tanggal Berlaku
Unggah file elektronik bukti identitas diri, dengan cara klik tombol Browse, dan pilih file yang dimaksud.
Pada Formulir Informasi Perusahaan
Tuliskan nama perusahaan yang akan diwakili oleh Pemohon pada isian Nama Perusahaan
Tuliskan alamat perusahaan yang akan diwakili oleh Pemohon pada isian Alamat Fasilitas
Tuliskan alamat laman internet yang dimiliki oleh perusahaan (jika ada) pada isian Home Page
Tuliskan alamat e-mail Perusahaan pada isian e-mail Perusahaan
Tuliskan verify code
Pada Formulir Bukti Penunjukan Pimpinan Perusahaan
Tuliskan nomor surat penunjukan dari Pimpinan Perusahaan yang akan diwakili oleh Pemohon pada kotak Nomor Surat
Tuliskan tanggal surat penunjukan dari Pimpinan Perusahaan yang akan diwakili oleh Pemohon pada kotak Tanggal Surat
Unggah file elektronik Surat Penunjukan dari Perusahaan, dengan cara klik kotak Browse, dan pilih file yang dimaksud
Tuliskan nama jabatan pemberi kuasa di Perusahaan pada kotak Jabatan pada Perusahaan
Pada Langkah Konfirmasi
Pastikan semua pertanyaan telah terisi dengan benar
Jika ada data yang akan diperbaiki, klik icon “edit” (gambar pensil) di pojok kanan atas tiap kotak Langkah
Setelah melakukan perbaikan, klik tombol “Simpan”
Dan setelah semua data dianggap benar, maka klik tombol “Kirim”. Maka semua data permohonan akun Balis Online yang diajukan oleh pemohon akan terkirim ke Bapeten
Bapeten akan melakukan verifikasi data permohonan akun Balis Online yang diajukan oleh Pemohon.
Setelah permohonan akun diverifikasi dan disetujui, Bapeten akan mengirimkan username dan password melalui e-mail Pemohon.
Username dan password tersebut digunakan oleh Pemohon untuk melakukan pengajuan permohonan izin dan persetujuan melalui Aplikasi Balis Online.